Sinopsis: Sirah Nabawiyah Karya Ibnu Hisyam

Daftar Isi [Tampil]
Sinopsis: Sirah Nabawiyah Karya Ibnu Hisyam


Judul: Sirah nabawiyah : sejarah lengkap kehidupan Rasulullah SAW
Penulis: Ibnu Ishaq/Ibnu Hasyim
Penerbit: Darul Falah
Cetakan: Januari 2020
ISBN: 979-3036-16-8
Tebal: 780 halaman/jilid
Ukuran: 16.0 x 24.0 cm
Peresensi: AI

Sinopsis

Buku "Sirah Nabawiyah" karya Ibnu Hisyam adalah sebuah karya sastra sejarah yang mengisahkan kehidupan dan perjuangan Nabi Muhammad saw. Sebagai salah satu buku sejarah Islam paling penting, buku ini memberikan pandangan yang menyeluruh tentang kehidupan Nabi, ajarannya, serta peristiwa-peristiwa penting yang terjadi selama masa hidupnya.

Buku ini dibagi menjadi beberapa bagian yang mengikuti kronologi kehidupan Nabi Muhammad saw. Awalnya, buku ini mengisahkan latar belakang kehidupan Nabi sebelum dia diangkat menjadi seorang Nabi oleh Allah SWT. Ibnu Hisyam mengisahkan keadaan Mekah pada saat itu, termasuk budaya dan kebiasaan orang Arab pada masa itu. Kemudian, Ibnu Hisyam mengisahkan kelahiran Nabi dan masa kecilnya, termasuk kehidupannya bersama keluarga dan pendidikan yang diterimanya.

Setelah itu, buku ini membahas awal-awal pengajaran Islam dan bagaimana Nabi Muhammad saw memperoleh pengikut pertamanya. Ibnu Hisyam juga membahas perjalanan Nabi dari Mekah ke Madinah dalam sebuah peristiwa yang dikenal sebagai Hijrah. Selanjutnya, Ibnu Hisyam mengisahkan peristiwa-peristiwa penting selama masa kehidupan Nabi di Madinah, termasuk peperangan dan perdamaian dengan kaum musyrikin Mekah.

Salah satu aspek menarik dari buku ini adalah deskripsi yang sangat detail tentang ajaran Islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. Ibnu Hisyam membahas prinsip-prinsip Islam, termasuk ibadah, moralitas, dan hukum. Selain itu, Ibnu Hisyam juga menjelaskan bagaimana ajaran Islam tersebut memengaruhi kehidupan masyarakat Arab pada saat itu.

Buku ini juga membahas peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan Nabi, termasuk pengasingan kaum Yahudi dari Madinah, pertempuran Badar, Uhud, dan Khandaq, serta Perjanjian Hudaibiyah. Ibnu Hisyam juga membahas peristiwa-peristiwa penting selama masa hidup Nabi, termasuk wafatnya istri Nabi Khadijah dan putrinya Fatimah.

Selain itu, Ibnu Hisyam juga mengeksplorasi karakter dan kepribadian Nabi Muhammad saw, yang dijelaskan sebagai seseorang yang sangat sabar, penuh kasih sayang, dan berkepribadian yang luhur. Ibnu Hisyam juga membahas pengaruh dan warisan Nabi Muhammad saw terhadap umat Islam dan dunia pada umumnya.

Secara keseluruhan, "Sirah Nabawiyah" karya Ibnu Hisyam adalah sebuah karya sastra sejarah yang sangat penting bagi sejarah Islam. Buku ini memberikan pandangan yang komprehensif tentang kehidupan dan perjuangan Nabi Muhammad saw serta pengaruh dan warisan agamanya. Dengan deskripsi yang sangat detail dan mendalam, buku ini menawarkan wawasan yang berharga bagi pembaca yang tertarik untuk mempelajari sejarah Islam, khususnya kehidupan dan ajaran Nabi Muhammad saw. Buku ini juga sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin memahami lebih dalam tentang budaya dan masyarakat Arab pada saat itu.

Selain itu, "Sirah Nabawiyah" juga menyoroti betapa pentingnya sikap toleransi dan keberagaman dalam agama Islam. Meskipun pernah mengalami banyak kesulitan, Nabi Muhammad saw tetap mempromosikan perdamaian, toleransi, dan penghormatan terhadap orang-orang yang berbeda agama dan kepercayaan.

Karya Ibnu Hisyam ini juga memberikan pengaruh yang besar terhadap sejarah Islam dan literatur Islam selanjutnya. Banyak penulis Islam yang terinspirasi oleh "Sirah Nabawiyah" dan mencoba menulis karya-karya sejarah yang mirip dengannya. Buku ini juga terus menjadi bahan rujukan bagi para peneliti dan sejarawan Islam hingga saat ini.

Dalam kesimpulannya, "Sirah Nabawiyah" karya Ibnu Hisyam adalah sebuah karya sastra sejarah yang sangat penting bagi sejarah Islam. Dengan deskripsi yang sangat detail dan mendalam, buku ini memberikan gambaran yang jelas tentang kehidupan dan perjuangan Nabi Muhammad saw, serta pengaruh dan warisan agamanya. Karya ini juga mempromosikan nilai-nilai toleransi, keberagaman, dan perdamaian, yang masih relevan dan penting hingga saat ini.

Kekurangan

Kekurangan dari buku "Sirah Nabawiyah" karya Ibnu Hisyam adalah bahasanya yang cukup sulit dipahami bagi pembaca yang tidak terbiasa dengan bahasa Arab klasik. Selain itu, buku ini juga cenderung memiliki sudut pandang yang subjektif dan terkadang memberikan interpretasi yang berbeda-beda terhadap peristiwa-peristiwa tertentu. Kekurangan lainnya adalah buku ini terkesan memberikan fokus terlalu banyak pada Nabi Muhammad saw dan kehidupannya, sehingga mengabaikan konteks sosial, politik, dan ekonomi pada masa itu.

Kelebihan

Sementara itu, kelebihan dari buku "Sirah Nabawiyah" karya Ibnu Hisyam adalah memberikan pandangan yang sangat komprehensif tentang kehidupan dan perjuangan Nabi Muhammad saw serta ajaran Islam yang diajarkannya. Buku ini juga memberikan deskripsi yang sangat detail dan mendalam mengenai peristiwa-peristiwa penting selama masa hidup Nabi, sehingga sangat berguna bagi mereka yang ingin mempelajari sejarah Islam. Selain itu, buku ini juga mempromosikan nilai-nilai toleransi, keberagaman, dan perdamaian, yang merupakan nilai-nilai penting dalam agama Islam dan masih relevan hingga saat ini.
LihatTutupKomentar
Cancel